BeritaManado.com

Kami Hanya Butuh Pendekatan Pelayanan, Bukan Tol atau Kereta Cepat

February 28
20:06 2016
Engel Tatibi

Engel Tatibi

Talaud – Alasan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo menyatakan pemekaran daerah baru belum bisa dilakukan tahun ini karena alasan fiskal dinilai tak masuk akal.

Menurut salah satu politis Kabupaten Talaud, Engel Tatibi, jika memang pemerintah menyatakan kondisi fiskal yang belum memungkinkan penambahan anggaran untuk daerah pemekaran baru, lalu buat apa jalan tol dan kereta cepat dibangun yang anggarannya jauh lebih besar jika dibandingkan pemekaran daerah.

“Masyarakat Talaud Selatan tak butuh jalan tol atau jalur kereta dan kereta cepat. Kami hanya butuh pendekatan layanan agar tak terosolir saat gelombang tinggi,” kata Engel beberapa waktu lalu.

Mantan Ketua DPRD Kabupaten Talaud menyatakan, pemerintah begitu semangat dengan berbagai program mega proyek yang menelan anggaran besar dan tak terkendala dengan alasan fiskal.

“Namun giliran kami berjuang agar masyarakat Talaud Selatan setiap saat bisa langsung mendapatkan pelayanan tanpa harus menyebrang ke Talaud dan terkendala cuaca, malah Mendagri beralasan fiskal,” katanya.

Ia berharap, pemerintah bisa mewujudkan pemekaran Talaud Selatan. Mengingat, pemekaran Talaud Selatan alasan utamanya adalah masalah pelayanan dan itu sangat mendesak.

Sementara itu, beberapa waktu lalu Tjahjo Kumolo yang menyebutkan bahwa saat ini pemerintah sedang mengkaji rencana daerah pemekaran. Karena alasanya pemerintah sedang mengkaji rencana moratorium pemekaran daerah baru. Hal ini katanya disuaikan dengan kondisi fiskal yang belum memungkinkan penambahan anggaran.

“Salah satu pertimbangan yakni kondisi fiskal kita yang belum memungkinkan penambahan anggaran karena begitu otonomi ini disetujui, pasti akan membangun kantor polres, kantor kodim, kejaksaannya, pengadilan, pembangunan kantor-kantor pemerintah dan penambahan PNS baru,” kata Tjahjo.(abinenobm)

2 Comments

  1. Priyosatiyo Harikusumo March 24, 18:31

    Bagaimana kalau di buat dam di tepi pantai? untuk mengurangi gelombang.. terima kasih..

    Reply to this comment
    • Santus April 09, 21:45

      Saran bpk_Priyosatiyo Harikusumo cukup baik, tpi daerah talaud trdiri dari beberapa pulau pak, jdi mnurut saya lbih efisien jika anggarannya digunakan utk rncana pmekarannya dibanding membuat dam ditepi pantai. Kan smuanya juga tujuannya utk memajukan negara dan masyarakat indonesia. Trimakasih

      Reply to this comment

Write a Comment