BeritaManado.com

Ini Kata Sekda Bitung soal Musrembang

March 14
16:12 2018
Sekda saat membuka

Sekda saat membuka Forum Perangkat Daerah

 

Bitung – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bitung, Audy Pangemanan membuka acara Forum Perangkat Daerah (PD) di Balai Pertemuan Umum (BPU), Rabu (14/03/2018).

Dalam sambutannya Sekda mengatakan, musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) di tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kota dan Provinsi serta Nasional merupakan proses penyelarasan dua pendekatan perencanaan yaitu pendekatan dari atas ke bawah (Top-Down) dan pendekatan melalui penyerapan aspirasi dari bawag (Bottom-Up) sebagai instrumen proses perencanaan pembangunan.

“Kedua pendekatan tersebut secara teknis merupakan strategis agar berbagai keputusan untuk pelaksanaan pembangunan dapat dirumuskan secara bersama dan dilaksanakan sesuai dengan jenjang pemerintahan,” kata Audy.

Salah satu tahapan dalam proses perencanaan daerah kata dia, adalah forum perangkat daerah, yang sasaran strategisnya ialah mempertemukan kelompok masyarakat sektoral dan spesial .

“Dalam forum ini kita akan melakukan penyelarasan usulan antara hasil-hasil Musrenbang kecamatan dengan draf rencana kerja perangkat daerah, serta memberikan kesempatan kepada kelompok masyarakat untuk memberikan masukan dan usulan kegaiatan yang dinilai mampu mengatasi persoalan yang ada selain itu forum ini juga di tujukan sebagai arena untuk melakukan sinergitas antara usulan kegiatan yang bersifat spesial dan usulan sektoral,” jelasnya.

Lanjutnya, salah satu kunci dalam proses forum Perangkat Daerah adalah musyawarah untuk merumuskan program dan kegiatan pembangunan yang menjadi bidang tugas Perangkat Daerah, konsep musyawarah menunjukan bahwa forum Perangkat Daerah bersifat pertisipatif dan dialogis musyawarah yng dimaksud adalah proses Rembug atau diskusi mendalam secara dua arah yang nantinya berakhir pada pengambilan kesepakatan atau pemgambilan keputusan secara berasama dalam forum perangkat daerah pelibatan masyarakat merupakan cerminan dari praktik partisipasi warga yang dengan sendirinya mendorong akuntabilitas pemerintahan.

“Melalui forum ini secara bersama kita dapat menyusun rencana kegaiatan yang dimasukan kedalam rencana kerja Pemerintah Daerah (RKKPD) Kota Bitung Tahun 2019 berdasarkan skala prioritas Perangkat Daerah dan kecamatan dengan mengacu kepada kebutuhan masyarkat serta berdasarkan kewenangan yang dimiliki,” katanya.

(***/abinenobm)

 

 

 

 

 

Ads




0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

five × 4 =