BeritaManado.com

HERRY TOMBENG Kuatir DAS Tondano Tak Layak Lagi Dimanfaatkan

November 13
21:58 2017
DAS Tondano

DAS Tondano

 

Manado, BeritaManado.Com – Anggota Komisi 4 DPRD Sulut, Herry Tombeng, mengingatkan kepada Badan Lingkungan Hidup (BLH) untuk memastikan bahwa air di beberapa sungai di Provinsi Sulawesi Utara masih layak untuk dimanfaatkan masyarakat.

Herry Tombeng, mencontohkan Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano diduga sudah tercemar sehingga mengancam kesehatan masyarakat Kota Manado yang memanfaatkan DAS Tondano sebagai air minum. BLH lanjut Herry Tombeng harus rutin melakukan penelitian laboratorium terkait standarisasi pemanfaatan air sungai.

“DAS Tondano dimanfaatkan oleh PT AIR disalurkan sebagai air minum dan kebutuhan pokok lebih dari 450 ribu masyarakat Manado. BLH harus memastikan bahwa pencemaran di DAS Tondano masih dalam batas ambang batas sehingg masih layak dimanfaatkan oleh masyarakat,” terang Herry Tombeng pada rapat pembahasan Ranperda APBD 2018 yang dipimpin Ketua Komisi 4, James Karinda, Senin (13/11/2017).

Selain DAS Tondano, politisi Partai Gerindra yang sudah 13 tahun duduk sebagai anggota DPRD ini, juga mengingatkan BLH untuk memperhatikan air di Sungai Tetelu dan pantai Teluk Buyat.

“Kalau di Sungai Tatelu masih ada sisa bahan beracun seperti mercury dan bahan lainnya ketika ada pertambangan emas rakyat lalu. Sementara di Teluk Buyat dikuatirkan masih tersisa pencemaran eks tambang emas PT Newmont. Intinya BLH harus pro aktif tentu melalui penganggaran yang wajar,” jelas Herry Tombeng. (JerryPalohoon)

 

 

 

 

 

 

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment