BeritaManado.com

Gunung Soputan Meletus

July 03
08:21 2011

“Pohon-Pohon Tumbang, Minahasa Gelap Terlihat dari Manado”

Gunung Soputan Muntahkan Abu Vulkanik Pagi Dini Hari Tadi

MANADO – Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara action. Minggu (3/7) dinihari, sekitar pukul 03.00 WITA meletus. Abu vulkanik salah-satu gunung teraktif di Indonesia ini menutupi sebagian besar desa di Minahasa, bahkan Kecamatan Kawangkoan gelap diselimuti abu.

“Pagi ini di Kawangkoan gelap. Kami tidak dapat berjalan karena jarak pandang hanya dua puluh meter,” ujar Jemmy Walujan, warga Kawangkoan kepada beritamanado, Minggu pagi.

Lebih parah lagi, beberapa desa yang dekat dengan Gunung Soputan, seperti di Desa Pangu Ratahan dan Desa Noongan Kecamatan Langowan, banyak pohon tumbang. Akses transportasi terganggu, membuat warga tidak dapat beraktivitas. (jry)

 

 

 

 

2 Comments

  1. Jeffry kawengian July 05, 08:41

    Amin,..
    Memang secara pengetahuan alam ini suatu hal yg wajar.
    Tapi dari kaca mata iman kristen, ini sebuah peringatan bagi kita. Syukur karena masih diingatkan dan ditegur Tuhan.berarti masih diperhatikan dan disayang.makanya bertobat jo sluruh minahasa.so tlalu banyak kawin campur kong jual tu iman/ganti iman.apalagi daerah dekat soputan.so tlalu banyak gadis minahasa yang iko iman laeng lantaran doi, deng harta.kong so banya yang mulai bale di kepercayaan dotu2 deng menyembah berhala di batu pinawetengan. So itu orang2 tua kase contoh yg baik pa anak2 deng didik deng firman Tuhan.

    Reply to this comment
  2. Evang Stone Manopo July 04, 07:26

    Mari kita mengucapsyukur atas letusan Gunung Soputan dengan magna dan pelajaran bahwa:
    1. Tuhan Mahakuasa mengendalikan alam raya
    2. Peringatan kepada Orang Minahasa untuk berbalik dari jalan yang menyimpang, bertobat dari segala kesalahan dan dosa.
    3. Dampak positif debu Soputan untuk kesuburan Tanah Minahasa.

    Reply to this comment

Write a Comment

fifteen + 2 =