BeritaManado.com – Berita Terkini dari Manado

Gara-gara Hoax, Penerbangan Carter China-Manado Berkurang 50 Persen

October 06
21:52 2018

 

Manado – Masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) diajak satu suara menangkal berita bohong atau hoaks yang meresahkan bahkan merugikan sektor pariwisata.

Hal tersebut ditegaskan Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Perhimpunan Hubungan Masyarakat (Perhumas) Manado, Gladys Runtukahu, Sabtu (6/10/2018).

Tragedi bencara di Palu dan Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) kemudian erupsi Gunung Soputan di Minahasa Tenggara (Mitra), kata dia, dimanfaatkan oknum-oknum tak bertanggung jawab dengan menyebar informasi hoaks bahwa Sulut dalam keadaan yang tidak aman.

“Ayo kita tangkal berita hoaks! Sulut aman untuk wisatawan, mari gelorakan Indonesia bicara baik,” ucap Gladys.

Dia berharap masyarakat lebih cerdas menyaring setiap informasi yang disebarkan di medsos.

“BMKG menyebut bahwa guncangan di Palu tidak berdampak di Sulut karena jaraknya yang jauh. Kemudian
informasi dari Pos Pemantau Gunung Soputan menyatakan bahwa zona bahaya erupsi Gunung Soputan hanya pada radius 4-6,5 km. Itu faktanya,” kata mantan Ketua Ikatan Sekretaris (ISI) Sulut itu.

Diketahui, gara-gara foto dan video hoaks yang menyebar di medsos, berefek pada  pengurangan sekira 50 persen penerbangan pesawat carter China-Manado. Selain itu, dikabarkan beberapa group MICE yang sedianya akan dilaksanakan di Manado juga menunda kegiatan sampai ada informasi resmi dari Pemprov Sulut bahwa Kota Manado aman untuk dikunjungi.

“Ini merugikan. Apalagi sektor pariwisata di Sulut tengah menjadi sorotan nasional karena kunjungan wisman yang naik signifikan, saat ini sudah menyentuh angka 100.000 wisatawan,” tutur Gladys.

(JerryPalohoon)

 

 

 

 

 

 

 

Ads




0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

two × four =