BeritaManado.com

Diungkap Denny Tewu, Orang Minahasa Suku Indonesia Terbesar di AS

April 20
20:18 2014

Manado – Keberadaan masyarakat Minahasa di Amerika Serikat perlu mendapat perhatian pemerintah provinsi Sulawesi Utara. Diungkap Ketua Umum Partai Damai Sejahtera (PDS) Denny Tewu, jumlah masyarakat Minahasa di Amerika Serikat adalah yang terbanyak diantara banyak suku Indonesia yang berada di Amerika Serikat.

“Fakta yang ada dari banyak suku di Indonesia, masyarakat Minahasa terbesar berdomisili di Amerika. Keberadaan masyarakat Minahasa di Amerika merupakan potensi aset berharga bagi pemerintah provinsi Sulawesi Utara. Mereka tidak terorganisir dengan baik, dan banyak diantara mereka yang tidak tahu berbahasa Indonesia,” tutur Denny Tewu.

Potensi ekonomi masyarakat Minahasa yang tinggal dan bekerja di Amerika Serikat, jelas Tewu belum dimaksimalkan oleh lembaga keuangan daerah. Pun pemerintah dapat membentuk lembaga khusus untuk mengatur dan mengontrol pengiriman tenaga kerja ke negeri paman sam tersebut.

“Misalnya soal pengiriman uang ke daerah ini bisa dikelola oleh Bank Sulut menjadikan mereka nasabah potensial. Juga perlu pengelolaan status masyarakat Minahasa di Amerika agar tidak ada berstatus ilegal. Sebenarnya keberadaan mereka yang mencapai sekitar 100 ribu orang sangat membantu pemerintahan di Amerika melalui pekerjaan mereka disana,” tukas Tewu. (Jerry)

 

 

 

 

1 Comment

  1. Jeff Malonda October 04, 07:59

    terima kasih pak Denny,sangat setujuh dengan apa yang di katakan oleh bapak, dimana pemerintah indanesia sangat kurang memberikan perhatian kepada masyarakatnya yang tinggal di USA lebih kusus anak2 kita yang lahir dan besar di, karena dengan dorongan situasi demikian sehingga kami TOU MINAHASA yang tinggal di NYC dan sekitarnya yang tergabung didalam MAESA sedang membuat program ‘BAKUDAPA PANDE’ untuk generasi PENERUS supaya anak2 kita tetap mencintai TANAH LELUHUR MINAHASA sesuai dengan tema ulang tahun MAESA yang ke 35.

    Reply to this comment

Write a Comment

one + 8 =