BeritaManado.com

Dikunjungi Ribuan Turis, Museum Daerah Perlu Perbaikan

April 21
05:24 2017

Manado – Rencana Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara meningkatkan kunjungan turis lokal maupun mancanegara di Museum Daerah Sulut dinilai sukses dengan adanya peningkatan yang signifikan terhadap kunjungan turis selang setahun terakhir.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Provinsi Sulut, Dr dr H F Rotinsulu melalui Sekretaris Dinas Jenry Sualang kepada wartawan beberapa waktu lalu.

Namun seiring peningkatan jumlah kunjungan wisatawan yang dinominasi turis asal Tiongkok, pihak Pemprov melalui SKPD terkait berharap perlu adanya penataan ulang Museum baik pembangunan gedung maupun pemugaran.

“Kedepan museum Daerah yang kini berada dibawah Dinas Kebudayaan Provinsi, akan menjadi kunjungan wisatawan wajib. Dalam arti, semua wisatawan yang masuk di Sulut harus ke Museum Provinsi,” ujar Jenry Sualang.

Dia menambahkan setidaknya sudah 39 tahun usia Museum tersebut dan perlu ada perbaikan.

“Kita usulkan masuk di APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara). Pergitungan pembangunan diperkirakan akan menghabiskan kurang lebih Rp. 30 Miliar,” pungkas Jenry Sualang.

Rencana tersebut menurutnya telah diusulkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Proposal juga akan diminta persetujuan Gubernur Sulut Olly Dondokamney.

Hingga saat ini menurut Jenry Sualang, museum tersebut telah dikunjungi kurang lebih 7.400 wisatawa baik lokal maupun mancanegara. (Rizath Polii)

 

 

 

 

 

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment