BeritaManado.com – Berita Terkini dari Manado

DENNY TEWU Ungkap Jurus Ampuh Sulut Lawan Radikalisme

June 12
14:12 2018
Dr ML Denny Tewu SE MM

Dr ML Denny Tewu SE MM (Foto:  BeritaManado.com)

 

 

 

Manado — Diskusi bahkan dialog publik kini lebih sering mengambil materi terkait radikalisme, khususnya bagaimana menangkal paham tersebut masuk lebih jauh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sulawesi Utara (Sulut) pun tak ketinggalan, bahkan deklarasi menolak radikalisme sempat mencuat di media sosial.

 

Tapi tanpa disadari, Sulut ternyata punya jurus ampuh menangkal radikalisme yang bahkan sudah diakui ditingkat nasional, yaitu toleransi.

 

Hal tersebut diungkap Denny Tewu, seorang akademisi, politisi dan pengusaha asal Sulut yang sukses berkiprah hingga ke mancanegara kepada BeritaManado.com dalam perbincangan beberapa waktu lalu.

 

“Untuk menangkal radikalisme, kita harus jadi toleran. Seperti yang terjadi di Sulut. Manado baru dapat penghargaan sebagai kota paling toleran di Indonesia. Ada juga daerah Bolaang Mongondouw (Bolmong). Masing-masing kuat akan ajaran agamanya, tapi juga masih bisa menerima pluralisme,” ujar Denny Tewu.

Manado kuat dengan kekristenannya, begitu juga Bolmong dengan ajaran Islam yang kental.

 

Meski demikian, lanjut Denny, pada kenyataannya, masyarakat di kedua daerah ini bahkan Sulut pada umumnya masih bisa hidup berdampingan dengan damai bersama penganut agama lain sampai suku yang berbeda.

 

“Meski kuat dengan agama yang dianut tetap menerima pluralisme. Itu yang hebat. Kalau semua daerah bisa seperti itu, Indonesia pasti Jaya,” kata Denny Tewu.

 

Baca juga berita terkait Denny Tewu:

 

 

 

 

 

 

 

Ads




0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

nine − 1 =