BeritaManado.com

Darurat !!! OLLY DONDOKAMBEY Lakukan Ini Untuk Menyelamatkan Danau Tondano

April 18
21:06 2017
Eceng gondok "kuasai" danau Tondano

Eceng gondok “kuasai” danau Tondano

 

Manado – Gubernur Sulut, Olly Dondokambey memberi perhatian pada penyelamatan Danau Tondano di Kabupaten Minahasa dari pendangkalan.

Tanaman eceng gondok yang menjamur menjadi salah-satu penyebab pendangkalan danau.

 

Baca:

 

Menyikapi kondisi tersebut, melalui akun facebook pribadi Olly Dondokambey seperti diutarakan anggota DPRD Sulut Rocky Wowor kepada BeritaManado.com, Selasa (18/4/2017) malam, bahwa Pemprov Sulut akan menyiapkan mesin pembersih eceng gondok.

Pernyataan tersebut mengulangi pernyataan Olly Dondokambey kepada BeritaManado.com, usai rapat paripurna di DPRD Sulut, beberapa waktu lalu.

“Sulit membersihkan secara manual, perlu mesin untuk mengangkat eceng gondok secara rutin karena tanaman ini memiliki sifat mudah bertumbuh dan sulit dibasmi,” ujar Olly Dondokambey.

Meskipun dianggap sebagai tanaman pengganggu namun eceng gondok menurut Olly Dondokambey memiliki khasiat sebagai obat yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit diantaranya memperlancar buang air kecil akibat penyumbatan dan menghilangkan gatal pada kulit.

“Eceng gondok yang diangkat dari danau nantinya dapat digunakan untuk pakan ternak, pupuk, penjernih air, bahan bakar biogas hingga bahan kerajinan,” tutur Olly Dondokambey. (JerryPalohoon)

 

Baca:

 

 

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment