BeritaManado.com

BERITA FOTO: UKW di LPDS Dewan Pers

March 11
20:40 2018

Priyambodo LPDS Dewan Pers

 

Jakarta, BeritaManado.com – Raut gembira terpancar dari wajah 33 peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan oleh Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS) di gedung Dewan Pers, Jakarta.

UKW jenjang muda, madya dan utama ini dilaksanakan pada Rabu dan Kamis (7-8/3/2018), sehari sebelumnya di awali lokakarya. Peserta UKW datang dari seluruh Indonesia diuji para penguji handal diantaranya, Ahmad Djauhar, Ariwibowo, Priyambodo RH, Lahyanto Nadie, Jufri Alkatiri, Kristanto Hartadi dan Warief Djajanto.

 

UKW LPDS Dewan Pers

 

Menguras tenaga dan pikiran selama 3 hari mengikuti lokakarya dan UKW karena harus masuk jam 8 pagi dan selesai jam 11 malam, digempur pertanyaan yang harus dijawab secara tertulis maupun wawancara oleh peserta ketika UKW selesai pada Kamis malam seluruh peserta merasa gembira.

Perasaan gembira peserta tampaknya dimengerti Ariwibowo, penguji jenjang utama. Ariwibowo mengatakan peserta tak bisa menyembunyikan bahasa tubuh.

 

Jerry Palohoon UKW LPDS Dewan Pers

 

“Ada perbedaan awal dan akhir. Jika di awal merasa tertekan sebaliknya di akhir UKW semua plong dan tertawa, artinya bahasa tubuh tidak bisa berbohong,” jelas Ariwibowo.

Lebih lanjut Ariwibowo mengatakan pengalaman menguji dia tidak menempatkan penguji dan peserta pada posisi subjek dan objek, namun juga mendengar untuk mendapatkan perspektif.

 

Victor Rarung UKW LPDS Dewan Pers

 

“Selain menguji pengetahuan kami juga mendengar pengalaman peserta karena pekerjaan wartawan juga saling membagi pengalaman baik maupun buruk. Sedari awal saya menyiapkan telinga mendengarkan pengalaman saudara-saudari,” terang Ariwibowo.

Jufri Alkatiri, penguji jenjang madya, mengibaratkan jurnalis sebagai anjing penjaga yang tangguh, memberitakan fakta ikut berkontribusi pada pembangunan bangsa.

 

Jerry Palohoon Ahmad Djauhar Ariwibowo

 

“Anjing itu menggonggong untuk memberi peringatan orang yang lewat. Teman-teman wartawan yang berkompetensi kembali ke daerah melaksanakan tugas masing-masing. UKW ini membuka jalan kita menjalankan profesi profesional,” ujar Jufri Alkatiri.

Setelah seluruh penguji memberikan wejangan diberi kesempatan kepada 2 perwakilan UKW salah-satunya Victor Rarung, Pemimpin Redaksi (Pemred) media online Manadonews.com untuk menyampaikan pesan dan kesan. Victor Rarung mengaku bangga dapat mengikuti UKW.

 

UKW LPDS Dewan Pers

 

“Sebetulnya kita tidak diuji namun sebagai wartawan perlu membuktikan kompetensi kita sebagai wartawan. Terima-kasih kepada Dewan Pers melalui LPDS yang sudah memberi kesempatan kami membuktikan kompetensi. Ke depan semakin banyak wartawan berkompetensi dapat melaksanakan tugas jurnalistik secara profesional,” tandas Victor Rarung.

Peserta menerima piagam UKW dari LPDS sambil menunggu sertifikat dan kartu kompetensi sesuai jenjang masing-masing paling lambat dua bulan. Selanjutnya foto bersama.

(Jerry Palohoon)

 

 

 

 

 

 

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

four − 3 =