BeritaManado.com

Hasil Pemeriksaan PH, Begini Kualitas Daging B2 di Pasar Ratahan

April 09
13:16 2018

pemeriksaan kualitas daging babi melalui pengukuran PHPemeriksaan kualitas daging babi melalui pengukuran PH

 

Ratahan, BeritaManado.com – Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Bidang Perternakan melakukan pemeriksaan kualitas daging babi (B2) di Pasar Ratahan.

Dijelaskan Kepala Dinas Pertanian Ir Elly Sangian ME melalui Kepala Bidang Donald Lumingkewas, pemeriksaan daging B2 ini dilakukan melalui pengukuran nilai PH (derajat keasaman).

“Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan bersama tim dokter hewan, secara umum kualitas daging B2 di Pasar Ratahan dalam kondisi layak komsumsi,” jelas Donald sembari menjelaskan pemeriksaan PH juga akan dilakukan di seluruh pasar yang ada di Kabupaten Mitra.

“Pekan depan secara bergantian kami akan melakukan pemeriksaan derajat keasaman daging B2 di seluruh pasar,” tukas Donald.

Sementara itu menurut Drh Titin Tambing didampingi Kasie Kesmavet Dinas Pertanian Syaloom Pelengkahu, dari hasil pemeriksaan PH untuk daging B2 di Pasar Ratahan berada pada angka 5,5 hingga 5,6.

“Artinya kualitas daging B2 normal dan layak dikomsusi karena nilai PH-nya berada pada angka normal dan tidak melewati batas maksimal yaitu ditas 7 PH,” kata Titin kepada BeritaManado.com, Senin (9/4/2018).

Titin menjelaskan, dampak bagi manusia jika mengkumsumsi kualitas daging B2 dengan nilai PH melebihi standar, akan menyebebabkan gangguan pencernaan.

“Hanya saja meski derajat keasaman B2 tinggi, balik lagi kepada konsumen untuk proses memasakanya. Untuk mengurangi nilai PH sebaiknya direbus dengan air yang mendidih dalam waktu lama sehingga membunuh semua bakteri atau kadar PH yang tergandung didalamnya,” tukas Titin.

 

(rulan sandag)

 

 

 

 

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

5 × two =